Luka Akibat Penghianatan

Posted: Selasa, 11 Mei 2010 by -Jesus Christ Web- in Label:
0

Bacaan: Mazmur 41:5-14

Bahkan sahabat karibku yang kupercayai, ...
telah mengangkat tumitnya terhadap aku.- Mazmur 41:10

Kita masih bisa tahan seandainya ditipu dan diperlakukan secara licik oleh musuh.
Kita masih bisa sabar dengan berita miring tentang kita akibat iri hati dan fitnah.
Kita masih bisa tersenyum seandainya harus berhadapan dengan si gunung berapi yang meledak dalam kemarahan tanpa alasan.

Meski jengkel, kita masih bisa menahan diri dengan perlakuan tidak adil yang kita terima. Kita masih bisa bersabar dengan semuanya itu.
Namun soal pengkhianatan atau pemberontakan yang dilakukan oleh orang yang begitu dekat dengan kita?
Ini hal yang paling menyakitkan!

Bisa membayangkan seandainya orang yang kita percayai, atau orang yang sudah begitu dekat dengan kita melakukan pengkhianatan yang berujung pada pemberontakan?
Sakit, itu pasti. Rasa kecewa, tak bisa disangkal lagi.
Geram, yah... itu perasaan yang bisa dimaklumi.
Memang tidak ada yang lebih menyebalkan selain pengkhianatan dan pemberontakan. Mengapa? Karena pengkhianatan dan pemberontakan selalu dilakukan oleh orang yang dekat dengan kita.

Tanyakan kepada Simson yang cintanya dikhianati Delila.
Tanyakan kepada Yusuf yang dikhianati oleh saudara-saudaranya.
Tanyakan kepada Uzia, yang dikhianati oleh Daud, rajanya sendiri. Pengkhianatan demi menutupi skandalnya dengan Batsyeba.
Tanyakan kepada Daud yang dikhianati oleh Absalom, anaknya sendiri.
Tanyakan kepada Yesus yang dikhianati oleh Yudas dengan ciuman.

Tak ada yang menyangkal bahwa pengkhianatan meninggalkan sakit dan luka yang mendalam. Kita pernah mengalaminya, dan sampai sekarang luka itu belum mengering.
Tak bisa dipungkiri, bahwa terkadang terbersit sebuah keinginan untuk melakukan aksi balas. Biar impas dan setimpal dengan luka yang kita rasa.

Rasanya kita perlu belajar dari Yesus soal mengatasi pengkhianatan ini. Tidak ada obat yang lebih mujarab untuk mengatasi luka akibat pengkhianatan selain kasih.
Bukankah kita tahu bahwa Yesus sudah mengampuni pengkhianatan Yudas bahkan jauh sebelum murid yang satu ini menjual Dia?

Kalau sampai hari ini luka hati kita masih menganga akibat pengkhianatan, tak ada pilihan lain kecuali kita mau mengasihi dan melepaskan pengampunan bagi orang yang telah mengkhianati kita.
Kasih adalah jawaban.

Lepaskan pengampunan bagi orang yang telah mengkhianati kita, karena itu juga berguna bagi diri kita sendiri sendiri, karena kita tidak akan membawa beban itu berhari-hari, dan rasa damai dan sukacita akan mengalir dalam hidup kita jika kita belajar untuk mengampuni orang lain, sama seperti Yesus yang sudah mengampuni kita semua.

0 komentar:

0 people have left comments

Commentors on this Post-